Menghafal Quran, Siapa bilang kamu ga bisa?

by - 2:21 AM


Umat muslim meyakini bahwa Quran menjadi kitab terakhir yang difirmankan Allah melalui malaikat-Nya, menjadi mukjizat yang diwahyukan kepada Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam. Quran berlaku dan Allah jaga dari cacat hingga hari kiamat dan masih kaya akan beragam keajaiban. Beberapa diantaranya seperti bacaan quran mampu menyembuhkan mereka yang kerasukan jin, beberapa penyakit, bahkan bisa dihafalkan tidak hanya yang muda tapi yang tua, tak hanya yang normal tapi juga yang (maaf) berkekurangan secara fisik.

credit to this link

Oleh karena itu sebagai hamba Allah yang alhamdulillah dari segi fisik masih tergolong normal, yuk mari kita maksimalkan sisa usia yang Allah berikan untuk menghafalkan quran. Jelas kamu bisa, insyaallah pasti bisa menghafalkannya. Berikut adalah beberapa tips singkat untuk menyemangatimu menghafal quran.
1.        Kenali keutamaan
Jika diajak menghafal quran, maka mungkin sebagian orang akan bertanya “untuk apa?” Maka menjadi penting bagi kamu untuk belajar dan mengenali keutamaan atau pahala atau rewards yang akan Allah berikan kepada kita di dunia dan akhirat apabila mau menghafalkan quran. Hal ini akan memacu diri untuk bersemangat menghafalkan dan mengulang-ulanginya, semuanya butuh perjuangan. practices make perfect.
2.        Mulai dari yang mudah
Setiap orang bisa memilih ingin menghafalkan quran dari surah yang mana. Bahkan ada yang memilih acak sesuai hatinya. Namun saya menyarankan untuk mulai menghafalkan dari yang paling mudah misalnya dari juz 30 dari surah an-naas hingga ke an-naba’, dan begitu seterusnya. Hal ini akan lebih menyemangati kita sebab surahnya pendek-pendek, akan ada kebahagiaan tersendiri ketika kita bisa melewati satu surah menuju surah yang baru.
3.        Tidak bergonta-ganti Mushaf
Nah, agar lebih menguatkan memori maka ada baiknya untuk menghafalkan quran, kita mengguunakan mushaf yang sama. Hal ini untuk menghindari kerancuan ingatan kita misal dari segi letak ayat, sebab mushaf quran banyak jenisnya ada yang ayatnya dipenggal per kata, ada yang per ayat, ada yang berwarna dan ada yang hitam seperti pada umumnya.  Maka putuskan dari sekarang yuuk mau pakai yang mana hehe
4.        Komitmen dan konsisten
Setelah menghafalkan quran maka penting untuk komitmen menambahnya meskipun sedikit demi sedikit, juga komitmen untuk mengulang-ulanginya secara konsisten. Hal ini tentu disesuaikan dengan jadwal atau kesibukan harian kita. Mengulang-ulangi hafalan quran setiap harinya menjadi penting sebab hafalan quran sangat mudah hilang, belum lagi kalau tidak dibarengi kerja sama dari segenap anggota tubuh kita untuk berhenti dari melakukan kemasiatan. Rasulullah bersabda pada sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari (1) bahwa

Sesungguhnya orang yang menghafalkan Al Qur’an adalah bagaikan unta yang diikat. Jika diikat, unta itu tidak akan lari. Dan apabila dibiarkan tanpa diikat, maka dia akan pergi.” (HR. Bukhari no. 5031 dan Muslim no. 789).

Namun yang jelas, akan selalu ada waktu bagi ‘sesuatu’ yang kita anggap prioritas, insyaallah ^^v
5.        N i a t-nya buat siapa?
Niat yang lurus akan bermuara pada kegigihan dan panen pahala insyaallah. Niat menghafalkan quran kita harus senantiasa karena Allah, cara merawat hafalan quran juga senantiasa mengacu pada cara yang Rasulullah ajarkan, sebagai bukti kita mencintai sunnah nabi. Niat harus senantiasa diperbarui diawal, ditengah, dan diakhir amalan sebab godaan syaithon senantiasa menyambangi kapan saja dari segala arah. Hal ini dengan harapan suatu hari nanti kelak kita akan memanen pahala atas kerja keras dan kesabaran kita di dunia yang fana ini.
Semoga deretan tips singkat diatas bisa memotivasi kamu untuk memasukkan menghafal quran sebagai salah satu cita-cita tahun ini dan tahun depan. Mari saling menguatkan untuk ber-fastabiqul khairot, berlomba-lomba dalam kebaikan. Semoga menjadi sahabat quran yaa didunia juga diakhirat. Selamat mencoba! Insyaallah bisa..
Maraji’:
(1) Tuasikal MA. 2011. Kiat menghafal al qur;an. Diakses melalui https://rumaysho.com/2076-kiat-menghafal-al-quran.html. Diakses pada Oktober 2019
#ODOPBatch7
#OneDayOnePost

Bantu share link ya jika dirasa tulisan ini ada manfatnya ^^ Jazakumullah khaiir

You May Also Like

4 komentar

  1. Yang paling sulit itu konsisten...
    Semoga kita bisa menghafal al-Qur'an...

    Terimakasih mbak, tulisannya menginsfirasi

    BalasHapus
  2. Mantap Kakak, inspirasi dan keren sekali tulisannya #semangat

    BalasHapus
  3. Insya Allah semua bisa asal ada niat dan usaha semoga dimudahkan :)
    terima kasih infonya :)

    BalasHapus
  4. Masya Allah, semoga bisa menjadi hafizah. Amin.

    BalasHapus

Blog Archive

Entri yang Diunggulkan

Ibrah: Orang-orang Pergi. Apakah Mereka Kembali?

Bismillah. Kepergian itu sulit. Tapi, kehilangan lebih sulit lagi. Mengapa orang-orang harus saling meninggalkan? Jawabannya membawa saya...

Nobody's perfect

Pengikut