Bulan ini Bulan Apa ya?

by - 10:29 PM


Apakah yang spesial dengan bulan ini? Salah satunya adalah pada tanggal 30 Oktober ketika seluruh aktivis, pejuang, dan relawan memperingati bulan kesadaran kanker payudara sedunia. Tentu pelaksanaannya bisa berbeda-beda. Saat masih tinggal di Makassar, saya tergabung dalam salah satu komunitas yang bergerak dalam kampanye hidup sehat serta pemberian dukungan kepada para pejuang atau penyintas kanker terkhusus kanker payudara.
Setiap bulan Oktober akan dilaksanakan Octobreast Fest. Kegiatan ini menjadi acara puncak dari peringatan bulan Kesadaran Kanker Payudara Sedunia. Konten acaranya memuat seminar kesehatan tentang kesadaran kanker payudara sejak dini, tentang implementasi pola hidup dan pola makan sehat, serta sejumlah agenda yang dikhusus untuk memberi support para penyintas kanker. Sebelum pelaksanaan acara puncak juga dilaksanakan sejumlah agenda kesehatan lainnya seperti pemeriksaan kesehatan gratis yang dapat diikuti oleh masyarakat umum.



Kak Dr. Citra Rosalin saat memandu Bunda Evy selaku narasumber kedua


Bunda Nasiva, ketua Umum Thinksurvive yang baru menggantikan almarhumah bunda Nita saat menyerahkan sertifikat kepada narasumber pertama, dr. Septiman Sp. Onk

Komunitas ini bernama Thinksurvive, yang memiliki pengurus dari berbagai profesi termasuk dosen dan dokter, serta puluhan volunteer yang energik dan juga berasal dari berbagai latar belakang juga usia yang beragam. Hari ini Thinksurvive kembali melaksanakan acara puncaknya yang bertajuk Together We Can. Acara ini menjadi kegiatan akbar perdana yang dilaksanakan oleh komunitas ini selepas ditinggal ketua umumnya selepas idul fitri kemarin yaitu, Ibu Nita Nursepty setelah bertahun-tahun berjuang untuk sembuh dari kanker payudara.
Almarhumah sangat menginspirasi terkhusus para anak-anak muda yang kebanyakan mengambil bagian sebagai volunteer. Semangat bunda Nita melaksanakan kegiatan bertajuk kesadaran diri akan kanker payudara dengan mengajak banyak sekali pihak untuk berkolaborasi, serta kepeduliannya kepada para penyintas kanker menjadi tanda bahwa yang sakit pun bisa produktif melakukan banyak kebaikan untuk orang lain juga diri sendiri. Logikanya, orang yang sehat tentu bisa melakukan lebih banyak kebaikan lagi bukan?
Meskipun tahun ini belum bisa turut berpartisipasi lagi sebagai volunteer, saya bersyukur sebab para volunteer lainnya masih bersatu dan semangat untuk menyukseskan kegiatan tersebut. Ya, meneruskan semangat ibu Almarhumah Nita untuk tak pernah lelah menyemangati dan membangkitkan harapan kepada para penyintas kanker. Semoga pelaksanaan kegiatan Octobreast Fest memberikan banyak dampak positif bagi semua orang yang terlibat selama kegiatan dilaksanakan. Thinksurvive, Yes We Can, I Can.
#ODOPBatch7
#OneDayOnePost

You May Also Like

4 komentar

Blog Archive

Entri yang Diunggulkan

Ibrah: Orang-orang Pergi. Apakah Mereka Kembali?

Bismillah. Kepergian itu sulit. Tapi, kehilangan lebih sulit lagi. Mengapa orang-orang harus saling meninggalkan? Jawabannya membawa saya...

Nobody's perfect

Pengikut