Kenapa Malu Bertanya?

by - 6:35 PM


Akhir-akhir ini aku dilanda kekalutan tentang teori dan perhitungan yang ku pahami dari jurnal ilmiah. Tapi kadang ku takut untuk menanyakannya kepada dosen karena ‘takut dikira bodoh’ atau takut denger kalimat: ‘masa gitu aja  ga tau’.
Tapi setelah uring-uringan berhari-hari, pada akhirnya tak ada pilihan lain selain memberanikan diri ‘tuk mengirimkan pesan kepada dosen untuk bertemu dan menanyakan teori dan perhitungan yang ku risaukan. Pada akhirnya apa yang kutakutkan itu tidak kejadian dan aku justru mendapat pencerahan, meski memang diskusi dengan dosen butuh waktu yang tidak sebentar sebab aku kudu bertanya sampai tuntas mumpung dosennya punya waktu dan sedang dalam mood baik untuk menjelaskan dengan sabar.

credit to here

Hal ini adalah salah satu bukti bahwa rendah diri yang bukan tempatnya itu bahaya. Ga bisa membayangkan gimana jadinya kalau aku ga bertanya, jadilah aku melakukan sesuatu yang salah dan pasti suatu hari nanti akan aku sesali. Mahasuci Allah yang menggerakkan hatiku. Jadi ketika teman-teman takut bertanya, maka tidak ada solusi lain selain B-E-R-T-A-N-Y-A kepada ahlinya. Bukan hanya dalam persoalan pelajaran tapi tentang agama, membuat kue, dan lain sebagainya ketika kendala atau kebingungan itu menghampiri. Memang ikhtiar mencari jawaban melalui internet itu ga salah sama sekali, namun ketika kita memilih untuk diskusi kepada pakarnya maka yang akan kita peroleh adalah lebih dari sekedar jawaban.
Bertanya pada ahlinya itu sangat penting, biar kita ga salah langka, dan salah menafsirkan suatu statement. Hal ini akan membuat kita lebih menghargai lagi waktu yang kita peroleh, sebab tidak kita habiskan untuk meratapi kebodohan kita dan berputar dikesalahan yang sama. Ya, setidaknya kita mau berjuang.
Apalagi buat yang masih sekolah, tujuan sekolah salah satunya adalah agar kita yang awalnya tidak tahu menjadi tahu. Bertanya pada ahlinya akan menuntunmu pada cahaya dan mengeluarkanmu dari kegelapan. . Jadi semangat untuk kepo pada hal yang berfaedah ya.. dan jangan minder yaa wahai para penuntut ilmu, penerang masa depan bangsa  ^.^
#ODOPBatch7
#OneDayOnePost

You May Also Like

0 komentar

Blog Archive

Entri yang Diunggulkan

Ibrah: Orang-orang Pergi. Apakah Mereka Kembali?

Bismillah. Kepergian itu sulit. Tapi, kehilangan lebih sulit lagi. Mengapa orang-orang harus saling meninggalkan? Jawabannya membawa saya...

Nobody's perfect

Pengikut