Boleh dicoba ketika Kamu Sariawan

by - 3:23 PM


Apakah anda pernah sariawan? Ku pikir setiap orang pernah merasakannya. Hal ini cukup menyiksa sebab sensasi ketika menikmati makanan apalagi yang pedes, pasti akan terganggu. Kadang sariawan menghampiri kita ga hanya satu dua hari tapi bahkan hingga semingu. Uhh. sakit sekali.
Sariawan atau stomatitis dapat terjadi karena beberapa faktor misalnya stress, kekurangan gizi, trauma genetik (1), serta karena mikroba (2). Kemunculannya pun kadang dibibir maupun dilidah. Berbagai upaya kerap kita lakukan untuk mengobatinya. Mulai dari mengonsumsi suplemen vitamin C dalam jumlah yang banyak. Padahal kebutuhan vitamin C jika berdasarkan usia, memiliki jumlah maksimalnya masing-masing. Hal ini disebabkan karena vitamin C adalah vitamin larut air, sehingga apabila jumlahnya berlebih dari yang dibutuhkan maka akan dibuang bersama urin. Masyaallah betapa pintarnya tubuh kita.
Berdasarkan pengalaman pribadi, saya biasanya menggunakan getah daun jarak untuk menyembuhkan sariawan. Syukur, tanaman jarak di tanam ibu di depan pagar. Ketika sariawan melanda, ku petik daunnya sehingga tangkai daun mengeluarkan getah. Saya pun langsung mengoleskannya di daerah yang luka selama 2-3 menit. Akan ada sensasi pahit, tapi jangan sampai ditelan yaa. Selanjutnya saya pun berkumur. Tak lama kemudian, sariawan sudah tak terasa sakit lagi dan perlahan hilang tanpa bekas. Yes, hanya sekali. Masyaallah.

taken from here

Ternyata berdasarkan hasil riset, tanaman jarak atau Jatropha curcas Linn ini memang memiliki aktivitas untuk menyembuhkan sariawan yang disebabkan karena mikroba. Berdasarkan hasil uji in vitro, Candida albicans mampu dihambat dengan menggunakan getah batang jarak pagar. Getah tersebut mengandung sejumlah senyawa aktif seperti saponin dan tannin yang mampu meredam aktivitas Candida albicans, mikroba jenis jamur penyebab sariawan. Kondisi imun yang sedang menurun akan memungkinkan si mikroba tersebut untuk tumbuh dengan subur  dimulut kita (2).
Bagi saya pribadi, pengobatan berbasis alami ini memiliki faedah yang luar biasa untuk penyembuhan dalam waktu singkat. Meski demikian, setiap orang memiliki kemungkinan untuk sembuh maupun sebaliknya setelah menggunakan getah daun jarak. Saya pun belum menemukan hasil riset lainnya yang terkait. Bisa saja tingkat keparahan sariawan, perbedaan faktor penyebab sariawan, serta sistem imun setiap ornag yang membedakan efektivitas kerja dari senyawa aktif yang dikandung oleh getah daun jarak. Bagaimana teman-teman apakah tertarik untuk mencoba? Semoga ikhtiarnya berbuah hasil ya. Semoga cepat sembuh.
Referensi
1.  Amtha R, Marcia M, Aninda AI. 2017. Plester sariawan efektif dalam mempercepat penyembuhan stomatitis aftosa rekuren dan ulkus traumatikus. Majalah kedokteran gigi Indonesia 3:(2).  69-75.
2.   Fathan NZN. 2014. Pengaruh konsentrasi getah batang jarak pagar (Jatropha curcas l.) terhadap Candida albicans secara in vitro. [Skripsi]. Surakarta (ID): Universitas Muhammadiyah Surakarta.

#ODOPBatch7
#OneDayOnePost

You May Also Like

0 komentar

Blog Archive

Entri yang Diunggulkan

Ibrah: Orang-orang Pergi. Apakah Mereka Kembali?

Bismillah. Kepergian itu sulit. Tapi, kehilangan lebih sulit lagi. Mengapa orang-orang harus saling meninggalkan? Jawabannya membawa saya...

Nobody's perfect

Pengikut