Kepalamu sering nyut-nyutan?

by - 12:45 AM


picture is taken fromhere

Pernah  tidak kamu merasa kepala pening sekali yang dibarengi dengan kedua mata yang nyut-nyutan? Sembuhnya sih cepat, ya.. Ga makan waktu berhari- hari, paling 24 jam-an (pengalaman aku). Kita ga tau kenapa tiba-tiba kaya gitu. tapi bagiku, hal ini kerap terjadi ketika aku telat makan siang atau ketika aku terlalu banyak berinteraksi dengan laptop juga gawai serta ketika dalam sehari itu ada sekitar 12 jam yang aku benar-benar full work dan wara wiri kesana kemari.
Kalau sudah begini, seluruh badan pasti akan kena imbasnya sehingga tak bisa lagi diajak bertarung menghadapi kehidupan ~~ceileh.. Ga bisa belajar, ga bisa diajak bercakap, ga bisa dikasi misi untuk menyelamatkan dunia. Maunya tidur, tapi kadang mata sulit sekali terpejam. Mungkin didukung pula kondisi sekeliling yang ga bisa diajak kompromi misalnya teman kos-kosan yang berisik, teriak-teriak kesana kemari wkwk... Hal yang sebenarnya aku nikmati karena bisa memperhidup suasana kosan, malah tiba-tiba jadi faktor yang turut berkontribusi ekstra meningkatkan sakit kepalaku huhuhu.
Setiap orang punya solusi akan hal ini. Meskipun background-ku ga ada kedok(teran) nya sama sekali, tapi aku pribadi ingin berbagi solusinya berdasar pengalamanku gaes.
1.      Susu dan Bantal
Aku kalau ngerasa udah ada gejala bakalan sakit kepala kaya gini pastilah aku kudu beli susu full cream entah itu yang mereknya gambar beruang atau yang gambar sapi berlatar biru. Abis itu makan sebisanya, cuci kaki, wudhu, dan tidur dalam keadaan lampu mati. Hal ini agar kita bisa menemukan kondisi tidur atau istirahat yang berkualitas, sempurna dan paripurna.
2.      Iqra
Ada kalanya sebelum tidur aku menyempatkan untuk iqra, biar hati bisa lebih tenang dan rilex sebelum Q-rehat. Lalu apa yang di-iqra? Yes, yang dibaca adalah alquran tapi sekaligus bersama artinya. Saat membaca ayat demi ayat, aku berusaha semaksimal mungkin menghadirkan hati dan akal untuk bisa meresapi juga artinya. Ga banyak kok, kalo udah sakit kepala begini paling banyak mungkin aku bacanya Cuma 5 ayat aja :(  . Tapi yang menarik tau ga? kadang tuh ayat yang kita baca  kaya merefleksikan apa yang kita alami saat itu, seolah Allah tuh lagi ngomong sama kita. Masyaallah sih alquran tuh, bener-bener mukjizat bin ajaib.
3.      Mp3 dan Bantal
Mp3 yang didengerin disini bukan sekedar kumpulan track-list mp3 yang memuat lagu-lagu galau atau lagu penyelamat plus disertai musik. Bukaan, bukan sama sekali teman. Jadi maksudnya adalah memutar  track-list mp3 murottal alquran dari qori atau reciter favorit kita yang kita setel bakal terputar terus hingga kita terlelap. Jadi kaya semacam pengganti lullaby gitu. Aku bener-bener takjub  sama alquran ini. Masyaallah, terkadang yang tadinya susah tidur malah dalam hitungan menit (paling lama mungkin 30 menit) aku udah bisa langsung terlelap, dan pas bangun sakit kepalaku-sakit mataku berkurang bahka hilang sama sekali, masyaallah benar-benar alquran punya banyak keutamaan.
4.      Nyebut
Ketika mp3 sama sekali ga ada akibat misalnya kondisinya listrik padam dan gawai mati total, maka yang kita lakukan adalah nyebut- atau beristighfar.
أَسْتَغْفِرُ اللهَ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ
Astagh-firullah wa atuubu ilaih.
Aku memohon ampun kepada Allah dan bertobat kepada-Nya
Tau tidak? istighfar itu punya banyaak sekali keutamaan. Rasulullah yang dijamin syurga bahkan dalam sehari beristighfar 100x ( tertuang dalam doa di dzikir pagi dan petang, bisa baca dan diamalkan via link ini yaa..), apatah lagi kita yang hanya manusia biasa : (  Bisa jadi.. sakit ini, karena dosa kita yang dan kit abelum bertaubat termasuk suka kelewatan sama tubuh sendiri hiks... Oleh karenanya, dengan istighfar kita berharap bisa menggugurkan dosa kita sekaligus menyembuhkan sakit kita, sebab ketika me-lafadzkan-nya, kita sedang merayu Allah untuk  menyembuhkan kita... kondisi iman tiba-tiba beneran meningkat, karena kita tengah  meyakini ke-Maha Besar-an nya Allah dalam menyembuhkan kita. Insyaallah, Allah akan menerima taubat kita sebab Allah Maha Pemaaf.
5.      Doa 1/3 malam
Sakit kepala ini kadang membuatku memutuskan untuk tidur jauh lebiiiih awal dari biasanya mungkin sekitar 07.45 p.m. Hal ini membuatku terbangun ditengah malam, yang apabila menerapkan step by step sebelumnya maka kondisi kepalaku udah aga mendingan bakalan sembuh. Disini aku sempatin ibadah tahajud, istikharoh(sekalian kalo ada hajat), sekaligus berdoa. Dalam berdoa itu jangan lupa adabnya ya teman-teman. Jadi pertama kita memuji-muji Allah, lalu menghaturkan shalawat kepada Rasulullah, kemudian baru menyampaikan hajat kita. Disini kita berdoa biar kita bener-bener udah sembuh dari sakit kepala itu biar bisa produktif menjalani hari demi hari, produktif melaksanakan ibadah, dan semoga sakit yang menghampiri bisa menjadi pengugur dosa-dosa kita aamiin.
6.      Fix. Ke dokter
Ketika sakitnya reda tapi besok-besok suka kambuh lagi, mungkin bener ini bukan kelelahan biasa tapi ada –sakit- yang membutuhkan perlakuan serius dari sang ahlinya. Temanku pernah berhari-hari migrain melulu, ternyata ada yang bermasalah dengan kacamata yang digunakannya. Alhasil setelah konsultasi dan urusan kaca mata kelar, maka Alhamdulillah dia udah jarang migrain-migrain lagi juga jadi bisa produktif.
Itu adalah sejumput pengalaman pribadi yang aku bagikan, apapun yang terjadi.. kita harus meyakini bahwa Allah yang menghendaki kita merasakan sakit yang demikian, maka Allah pula yang punya kuasa dalam mencabut sakit tersebut. Jadi, tetap berprasangka baik.. melakukan yang terbaik (sesuai koridor agama dan budaya), dan jangan jauh-jauh dari Allah ya. Semoga berguna dan Syafakillah laa ba’sa thohurun insyaallah, semoga cepat sembuh yaa. insyaallah akan jadi penggugur dosa aamiin.
#ODOPbacth7
#OneDayOnePost
*mohon masukannya ya kak, terima kasih sudah sudi berkunjung

You May Also Like

1 komentar

  1. Aaamiiin ... Terimakasih tipsnya 🤝😊👍salam kenal dr Tokyo y

    BalasHapus

Blog Archive

Entri yang Diunggulkan

Ibrah: Orang-orang Pergi. Apakah Mereka Kembali?

Bismillah. Kepergian itu sulit. Tapi, kehilangan lebih sulit lagi. Mengapa orang-orang harus saling meninggalkan? Jawabannya membawa saya...

Nobody's perfect

Pengikut