Diperjuangkan atau Memperjuangkan

by - 1:41 AM


Udah beberapa kali ini aku keteteran untuk nge-post tulisan di grup one day one post, yang dimana aku juga gabung disitu biar bisa istiqomah menelurkan tulisan demi tulisan yang maunya sih positif sesuai koridor agama tapi aku malah kelabakan.

pict credit to its

Boleh dibilang seharian aku habiskan di laboratorium demi menyelesaikan tugas akhir ku (astaghfirullah!! kurang dari 3 bulaan gaees kudu bayar spp lagi kalo ga lulus). Pulang nya abis ashar lalu nyuci dan beraktivitas makan – shalat- lalu tertidur. Bangun lagi malam-malam. lapar lagi.. baru deh nulis buat ODOP, belum nyelesaiin tulisan buat data-data yang aku dapat dari lab seharian itu.
Tapi sungguh aku ga bermaksud mengeluh ya man  teman. Jika aku pikir-pikir lagi, aku memang haram mengeluh. Ini adalah keputusan yang ku ambil dengan mengucapkan basmalah., yang sedang aku perjuangkan biar  bisa survive dalam jangka waktu yang lama karena suatu hari nanti aku pengen punya buku sendiri dan ini adalah usahaku meski sedikit demi sedikit. Disisi lain, fine aku sedang sekolah dan itu sekarang KE-wajib-AN utamaku, sehingga aku juga harus all out disana sebab suatu hari aku pengen jadi teknolog yang bermanfaat buat umat. Dua hal yang butuh kinerja 100%, semuanya butuh soul.
Aku lalu berpikir orang lain pasti punya ujian hidup yang lebih berat dari aku. Mungkin seorang karyawan kantoran yang punya banyak lembur tiap hari tapi masih bisa nulis, juga mungkin ibu rumah tangga yang rempong urusin anak, suami, dan rumah; juga mungkin seorang dosen yang lelah seharian ngajar dan isi seminar tapi masih juga bisa nulis. Lalu apalah aku ini? Kalo aku ngeluh rasanya ga beda jauh dari kerupuk yang masuk angin. Rapuh sekali.
Yes, anak muda zaman now butuh daya juang+manage waktu maksimal dan belajar agar ga mudah ter-distraksi kepada hal-hal yang un-faedah. Aku pun masih senantiasa belajar. Beberapa MOODBOOSTER yang selama ini aku lakukan biar ga kelabakan dan berada pada kondisi pikiran-hatii yang positif (masih terus belajar dan mungkin esok poin-poin ini akan berubah lagi sesuai aktivitas akuu)
1.      Nyatat  aktivitas yang mau dilakuin besok (malamnya nulis dan siapin baik-baik, kalo perlu beserta jam-nya, kaya daily activity). Kalo plan A gagal, plan B nya apa
2.  Kalo bingung ngerjain sesuatu, nanya. Jangan malu nanya, kan masih belajar. Belajar tebal muka untuk sesuatu yang berfaedah. Jangan lincah salah, sebab waktu adalah uang.
3.    Berdamai dengan kegagalan, dan belajar bangkit segera mengatur strategi yang baru. Baca Lagi. Baca Terus. Tapi jangan lupa action
4.  Mata jangan dipake mendalami kekurangan orang lain, tapi dipake membaca buku berfaedah dan jurnal-jurnal ilmiah. Ingat setiap orang punya kekurangan, sibuk dengan kekurangan diri
5.  Sibuk boleh, tapi kasi jatah waktu tubuh mu untuk makan dan tidur (berikan haknya)
6.     Sosmed boleh uptodate, tapi jangan waktu habis di sosmed
7.     Mager pangkal leleet segala-galanyaaa. Perjuangkan kedisiplinan.
8.     Orang lain bisa, kenapa aku tidak?
9. Tuhan Maha Mendengar doaku, Tuhan selalu bersamaku, Tuhan tempatku berharap.
10. Langsung nyatat poin pokok buat nulis ketika ide terlintas, kalo ga ada paksain buat mikir.
11. Sabar
Lagi-lagi perjuangan butuh pengorbanan dan niat yang tidak salah sasaran. Mungkin inilah maksud kita selalu disuruh memperbaiki niat disepanjang proses kegiatan yang kita lakukan, karena hati itu mduah berubah-ubah. Maka cukuplah kekuatan dari Allah yang diharapkan senantiasa ‘tuk menguatkan fisik dan jiwa biar bisa maju memperjuangkan apa yang harus diperjuangkan. Hari kemarin sudah berlalu, alhamdulillah Hari ini masih Allah berikan. Berprasangka baik bahwa Allah masih kasi kesempatan untuk berbenah. Kalo kakak punya trik jitu, bagiin ya kak di kolom komentar, terima kasyiih. maju terooooos. Gas pooooL.
#ODOPBatch7
#OneDayOnePost
*dear kakak, mohon masukannya ya kak. Terima kasih sudah berkunjung.


You May Also Like

4 komentar

  1. Semangaat yaa. InsyaAllah dua duanya bisa lulus, baik ODOP maupun tugas akhirnya. Aamiin

    BalasHapus
  2. Semangat nulisnya kakak, sukses ya utk semuanya 😘

    BalasHapus
  3. Semangat ya .... dimana ada kemauan di situ pasti ada jalan

    BalasHapus

Blog Archive

Entri yang Diunggulkan

Ibrah: Orang-orang Pergi. Apakah Mereka Kembali?

Bismillah. Kepergian itu sulit. Tapi, kehilangan lebih sulit lagi. Mengapa orang-orang harus saling meninggalkan? Jawabannya membawa saya...

Nobody's perfect

Pengikut