Fly to selection of Ajinomoto’s Scholarship 2017: TODAI

by - 8:19 PM


Halo reader, sekarang aku kembali buat ODOP ^_^ Sekarang adalah minggu ketiga untuk bulan kedua. Saya bersyukur Alhamdulillah masih dapat kesempatan buat nulis di ODOP, setelah beberapa waktu lalu saya tengah mengurusi beberapa hal di luar kota. Laptop yang saya bawa pun kadang hang, jadinya kesulitan buat posting. +_+ But Alhamdulillah sekelumit cerita di kota lain dapat aku lukiskan melalui tulisanku.. ((insya Allah^^v)) Anw.. makasih buat kak Syaiha yang masih memberi kesempatan juga buat aku belajar nulis :’) Semoga kelak bisa jadi seperti beliau aamiin.


Berawal dari hobi buat nyari scholarship pasca wisuda, finally ketemu dengan info scholarship master degree yang ditawarkan oleh PT Ajinomoto Indonesia. Tertarik? Iyalah haha.. Apalagi yang diprioritaskan adalah para applicant dengan background field: Food Science and Technology. Tapi satu hal yang patut diketahui bahwa, pada akhirnya hanya 1 orang yang akan terpilih dari sekian applicant untuk memperoleh beasiswa tersebut. 

Ternyata hal serupa juga menarik perhatian salah satu sahabatku dikampus. Dan kami pun berniat untuk ikut seleksi. No matter what the result, but just try. Kenyataan bahwa hanya satu finalis yang akan diterima, tidak menyurutkan niat kami untuk ikut seleksi. Well… Berkas yang pihak panitia scholarship sediakan sudah ada formatnya kok, jadi para calon applicant bisa tinggal niru contoh yang ada, sekalian tinggal ngisi form yang telah disediakan. Semuanya berbahasa Inggris hehe… So,  mulai sekarang coba deh english-nya di-improve ^^ Selain itu beasiswa ini juga mensyaratkan IPK calon applicant mulai hingga melebihi 3,5 dari skala 4,00. So buat kamu yang memenuhi syarat ini, aku saranin buat ikutan seleksinya.  

Beberapa berkas yang diharapkan dapat diisi seperti formulir data diri, surat rekomendasi oleh dosen, esai yang meliputi personal statement (menceritakan tentang diri kita) dan penelitian yang pernah dilakukan, yang semuanya mesti diisi dalam bahasa Inggris. Kurang lebih panjangnya sekitar 1 halaman kertas hvs. Formulir pendaftaran juga menyediakan kolom “kemampuan bahasa  asing yang diketahui” selain bahasa Indonesia. Ohya… pada formulir  data diri juga menyediakan kolom organisasi. Kalo saat  ini kamu masih mahasiswa, maka maksimalkanlah peran kamu didalamnya.

Ketika aku mempersiapkan waktu untuk menyelesaikan berkas-berkas ini, sungguh aku merasa tantangan mulai berdatangan. Misalnya nih meng-handle asistensi dan lab adik-adik, mengurus kepanitiaan di jurusan, kursus bahasa asing, dan juga fokus menyelesaikan form scholarship ini. Sempat juga merasa untuk melepaskan diri dari seleksi beasiswa ini, karena berpikir tak mampu lagi menyelesaikan persyaratannya. Namun aku mencoba untuk bangkit dan menyemangati diriku sendiri. Sebab kalo aku tidak semangat, maka siapa lagi yang akan aku andalkan untuk memompa semangatku? Aku tak mau menunggu tahun depan untuk memulai perjuangan, sebab aku ingin berjuang mulai hari itu juga. Dan dengan memohon kekuatan dari Allah, aku berjuang menepis segala keraguanku.. aku berjuang untuk menyelesaikan semuanya dan mencoba untuk tidak sampai mengesampingkan satu pun agenda. Dan finally, Alhamdulillah ya Rabb.. segalanya dapat terselesaikan dengan izin Allah. Setelah form dan esai telah aku selesaikan, dan mengirimkannya ke pihak Ajinomoto, aku bertawakkal akan hasilnya. Bagaimanapun hasilnya… patut disyukuri, sebab ini adalah salah satu bentuk ikhtiar, dan aku yakin akan ada pelajaran berharga untuk setiap perjalanan menuju mimpi-mimpi kita. Setidaknya tidak ada penyesalan karena tidak mengikuti seleksi. Push ur self, take Allah in every ur breath :’) *to be continued insya Allah


#ODOPBatch2
#Memulaikembaliperjuangan
#Tulisanke22_Pekanke7_bulanke2
#belum_nulis_tantangan



You May Also Like

15 komentar

Blog Archive

Entri yang Diunggulkan

Ibrah: Orang-orang Pergi. Apakah Mereka Kembali?

Bismillah. Kepergian itu sulit. Tapi, kehilangan lebih sulit lagi. Mengapa orang-orang harus saling meninggalkan? Jawabannya membawa saya...

Nobody's perfect

Pengikut