Hilang Sudah Satu Inspirasi tentang Kotaku, Makassar

by - 8:16 PM

22thof May 2016

makassar.merdeka.com

Hari ini adalah hari yang paling aku tunggu di bulan ini. Soalnya pekan ini ada PKM. Oke.. ini bukan Program Kreativitas Mahasiswa yah… PKM yang aku maksud adalah “Pekan Komunitas Makassar “ 2016. Saya benar-benar sangat ingin menghadiri acara ini, namun karena target yang tidak kesampaian..maka akhirnya saya harus merelakan kegiatan ini dan berharap ditahun depan dapat menghadirinya. Hari ini aku berniat ke pantai losari (lokasi PKM) sekitar jam setengah 3 siang. Namun dengan syarat, aku berhasil menamatkan review handbook materi sekolah toefl hingga materi week-9 (maklum, besok ada TOEFL prediction test). Namun  kala jam 2 siang telah tiba, saya masih stuck dihandbook week-5. Alhasil saya harus merelakan keinginan saya untuk hadir TT.TT

Mengapa kemudian PKM begitu istimewa bagi saya? Soalnya.. Event ini hanya diadakan sekali setahun, selain itu komunitas yang hadir pun terdiri dari beragam bidang. Specialnya lagi.. event ini mengumpulkan beragam komunitas di Makassar pada satu tempat. Apalagi kegiatan PKM tahun ini, didukung oleh dinas pariwisata kota Makassar. Berdasarkan informasi dari temanku, Komunitas di Makassar itu sekitar 200an lebih jumlahnya. Bidangnya macam-macam mulai dari komunitas sosial edukasi, pecinta reptil, pecinta masak, pecinta berkebun, pecinta rubik, dan lain sebagainya. It was really awesome guys. How pity that I missed the show.  Kalo kamu (pendatang) kebetulan akan tinggal di Makassar dalam jangka waktu yang cukup lama, kamu nggak usah takut kesepian karena nggak ada teman. Kamu bisa mengeksplor passion kamu, pada salah satu atau beberapa komunitas yang sesuai. Kamu tinggal pilih aja. Apalagi komunitas yang ada di Makassar, terbilang cukup aktif loh. Bahkan ada komunitas yang sampai bikin proker yang bahkan melibatkan volunteer tetap dan tidak tetap. So, kalo kamu niatnya “mau coba” gimana rasanya jadi volunteer, kamu bisa beranikan diri untuk join. Era komunikasi udah canggih, lewat LINE aja.. kita udah bisa berteman dan chit chat lebih jauh dengan komunitas yang menarik hati kita.

bimoaji.com

Adanya PKM di Makassar tentu hal yang sangat positif. Bagiku, ini bisa jadi wadah anak-anak muda Makassar untuk menyalurkan masa mudanya di tempat yang lebih baik, ketimbang keluyuran tidak jelas dijalanan.. begal… mall… dan sebagainya. Gabung di komunitas yang sesuai passion, bukan nggak mungkin.. bakal bikin masa muda kita jadi lebih produktif dan bermakna. Sebagai seseorang yang pernah mengenyam bangku kuliah, mahasiswa yang rutinitasnya hanya “kampus-kantin-rumah”, adalah hal yang hambar bagiku. Rasanya ada yang kurang. Maka beruntunglah mereka yang memanfaatkan masa mudanya dijalur yang positif. Gabung di organisasi atau pun komunitas, secara gak langsung akan mendidik kita jadi pribadi yang lebih baik dalam segi; bersosialisasi (bisa mengenal banyak karakter), berlatih merasakan beragam amanah dan tanggung jawab, merasakan jadi pemimpin dan jadi orang yang dipimpin, belajar loyal dan komitmen, dan juga belajar memanfaatkan waktu (OMG, this is the difficult one).


Jadi kepikiran lagi. Eitss.. Kalau aku datang PKM, bukan nggak mungkin kan kalo aku gabung di salah satu komunitas yang hadir? :’’D Mungkin ada hikmahnya juga kenapa belum bisa hadir. Mungkin Allah mau khofiyaa fokus dengan komunitas-komunitas yang saat ini aku ikuti :’). Mungkin kata Allah, ini belum waktu yang tepat untuk aku daftar satu komunitas lagi sebagai volunteer tetap. Mungkin mendaftar sebagai volunteer tidak tetap, bisa aja kali yaa hehehe.. (aamiin).  Saat aku nulis tulisan ini.. acara PKM udah berakhir (10,30pm). Sedih..? tentu saja. Semoga tahun depan bisa join, sebelum PLAN A aku tunaikan *insya Allah

You May Also Like

0 komentar

Blog Archive

Entri yang Diunggulkan

Ibrah: Orang-orang Pergi. Apakah Mereka Kembali?

Bismillah. Kepergian itu sulit. Tapi, kehilangan lebih sulit lagi. Mengapa orang-orang harus saling meninggalkan? Jawabannya membawa saya...

Nobody's perfect

Pengikut