Dunia tidak abadi, termasuk Cobaanmu

by - 2:16 AM


Hidup yang kita lalui sangat jarang ditemui kebahagiaan yang berkepanjangan. Ada-ada saja cobaan dan masalah yang kerap kali membuat dahi kita berkerut tanpa kita sadari. Ya, kita hidup untuk menyelesaikan satu urusan ke urusan yang lain, merumuskan dan menindaklanjuti solusi untuk satu permasalahan lalu ke masalah yang lain. Tentu untuk menguji seberapa mampu bertindak di atas jalan yang diridhoi-Nya.
Tak jarang kita diperhadapkan masalah yang kita rasanya sudah nyaris menyerah, tak tahu lagi harus berbuat apa. Pasrah. Dan jadilah mulut itu tak henti melantunkan dzikir dan doa-doa tulus penuh pengharapan kepada Rabb-nya. Dengan penuh kerelaan memohon selaksan pencerahan dan jalan keluar dari segala ketidakpastian dan ketidakmungkinan didepan mata.
Pertolongan Allah selalu saja datang dengan cara yang indah. Pernahkah kita mengingat-ingat lagi, disaat-saat kritis tersebut dimana tak ada lagi tempat bergantung dan berharap.. tiba-tiba ada saja jalan keluar yang Allah berikan. And see., kita kembali tersenyum lebar mengucap syukur Alhamdulillah.
Lantas begitu sajakah bentuk syukur kita kepada-Nya?
Tak jarang kala kesulitan itu reda, tanpa sadar kemaksiatan kembali menjadi kebiasaan. Mendengarkan musik, malas mengulang-ulang bahkan menambah hafalan, malas tadarrusan, shalat jadi lelet, tersibukkan dengan sosial media, sibuk ghibah, meremehkan hijab syari, mengabaikan batasan aurat, dan lain sebagainya. Bukankah semua itu bentuk contoh perilaku kala iman melemah? Sebuah contoh tak meyakini bahwa Allah Maha Melihat, bahwa malaikatnya setia mencatat dengan detil perbuatan hamba-Nya. Dan saat iman melemah-lah syaithon dengan sigap memperdaya dengan mudahnya, semakin membuat kita lupa dan jauh dari perintah Allah. Ya, membuat kita lupa bahwa dulu kita pernah tersedu-sedu bersimpuh memohon ampun dan jalan keluar kepada-Nya.
Tapi Allah Maha Baik. Pintu pengampunan-Nya tak pernah tertutup hingga sangkakala ditiup, hingga ruh berada di tenggorokan. Maka segala ujian dan cobaan yang menjadi kerikil serta badai yang menggoncang hidup perlu dihadapi dengan bijak dengan dua pilihan yang tersedia yakni positif atau negatif.



Berpikir positif membuat kita senantiasa bermuhasabah, mungkin ada satu bahkan lebih kekhilafan kita dahulu sehingga Allah menghendaki kita untuk ingat (lagi) dan berusaha tidak mengulanginya (lagi). Berpikir positif bahwa cobaan ini datang untuk meningkatkan derajat kita. Saat akan naik kelas tentu soal yang diberikan adalah yang menurut guru tentu kita bisa menjawabnya, sesuai dengan  kapasitas kita. Tak terlalu susah, tak terlalu mudah. Untuk naik ke kelas 4 SD, tak mungkin bukan soal ujiannya perhitungan kelas 1 SD? Ya, mungkin seperti itulah analogi kala Allah ingin membuat kita jadi lebih baik. Kerap kita ditempa untuk menjadi pribadi yang lebih sabar, lebih bijak, lebih kuat. Kita harus yakin bahwa cobaan itu tak mungkin melebihi kesanggupan kita.
Menangislah jika itu melegakan, dan berhusnudzon lah demi mengharap takdir terbaik dari-Nya. Bukan kah Allah sesuai prasangka hamba-Nya? Ujian yang ada juga menjadi momen untuk mendeteksi seberapa besar keimanan kita kepada-Nya. Kala kita depresi, masih kah Allah yang kita jadikan sandaran atau lagu-lagu galau yang malah menjadi pilihan? Tentu hal ini akan membuat kita semakin terpuruk. Kala kita merasakan sempitnya rezeki, masih kah kita mengimani bahwa Allah Maha Kaya atau memilih merampas hak orang lain demi menghidupi diri kita di dunia yang fana ini?
Sekelumit duri yang menghampiri hidup kita, semoga selalu menjadi momen terbaik untuk melampiaskannya hanya kepada Allah. Bukan kepada status di sosial media yang kerap tak mendatangkan solusi apa-apa. Semoga Allah hadiahkan hati yang lembut dan dekat kepada-Nya dalam kondisi apapun. Semoga Allah senantiasa menguatkan hati kita untuk melalui segala ujian kehidupan. Sebab dunia bukanlah tempat kita untuk merasakan senang jangka lama, ada akhirat yang jauh lebih kekal. Dan disanalah kelak putusan-Nya menentukan, kita merasakan keabadian di surga atau neraka.

You May Also Like

1 komentar

  1. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.com

    BalasHapus

Blog Archive

Entri yang Diunggulkan

Ibrah: Orang-orang Pergi. Apakah Mereka Kembali?

Bismillah. Kepergian itu sulit. Tapi, kehilangan lebih sulit lagi. Mengapa orang-orang harus saling meninggalkan? Jawabannya membawa saya...

Nobody's perfect

Pengikut