Terbuat dari apa

by - 12:33 AM


aku tak bisa memahami bagaimana baikNya Allah menciptakan jenis manusia yang bernama orang tua. Jenis manusia yang hatinya sangat luas untuk secarik senyum namun tahan lama untuk anak-anaknya. Jenis manusia yang paling terluka saat kita mengaku terluka. Aku masih ingat jelas hari ketika aku mengantarkan ibu ke bandara, setelah menjenguk ku sekian minggu setelah terluka parah saat tengah penelitian. Aku refleks menangis kala ibu berkata, jaga diri baik-baik yaa.. hati-hati di laboratorium.. lalu tangis ibu pun pecah, Itu adalah momen paling menyedihkan, dimana tangis ibu yang paling menyakitkan lepas.. kali kedua di seumur hidupku ku temui jenis tangisannya yang paling menyakitkan, kali pertama adalah saat ku berusia belia menjelang paud.. aku terpeleset di lantai penuh genangan air hingga mulut dan gusiku berdarah.


Pada akhirnya aku menyadari, seberapa besar sayang yang manusia akui untukku lewat lisan maupun tindakannya, pada akhirnya tak ada yang menyamai ketulusan dan cinta dari jenis manusia yang Allah ciptakan ini. Entah hatinya terbuat dari apa.
Aku pun sadar. Tak akan ada yang bisa kuperbuat yang bisa membalas semua ketulusan dan pengorbanan yang mereka lakukan.  maka jelaslah perintah berbakti kepada orang tua menjadi hal yang tidak boleh disepelakan dalam agama, bahkan menjadi poin penitng kedua dalam hidup manusia setelah bertauhid atau mengesakan Allah dalam menyembah atau beribadah padaNya.
“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya.” (QS. Al Isra’: 23)
Hingga apabila seseorang memintamu untuk tidak mengindahkan keduanya, maka jelas hati dan akalmu tahu jawabannya.. kepada siapa mestinya hatimu berpijak. semangat sayang.



You May Also Like

0 komentar

Entri yang Diunggulkan

Ibrah: Orang-orang Pergi. Apakah Mereka Kembali?

Bismillah. Kepergian itu sulit. Tapi, kehilangan lebih sulit lagi. Mengapa orang-orang harus saling meninggalkan? Jawabannya membawa saya...

Nobody's perfect

Pengikut