Karya Tulis Ilmiah XI- SMA
FAKTOR - FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN BAGI SISWA
SMAN 3 MAKASSAR
KARYA TULIS ILMIAH
Disusun dan diajukan sebagai tugas akhir
Mata Pelajaran Muatal Lokal
Oleh :
PRILLY PRICILIA MANUSIWA
me.. ^^
VIEKA SAVRILLA
XI IPA 1
DINAS PENDIDIKAN KOTA MAKASSAR
SMA NEGERI 3 MAKASSAR
2010
FAKTOR – FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN BAGI SISWA SMAN 3 MAKASSAR
KARYA TULIS ILMIAH
Disusun dan diajukan sebagai tugas akhir
Mata Pelajaran Muatal Lokal
Oleh :
PRILLY PRICILIA MANUSIWA
me.. ^^
VIEKA SAVRILLA
XI IPA 1
DINAS PENDIDIKAN KOTA MAKASSAR
SMA NEGERI 3 MAKASSAR
2010
HALAMAN PENGESAHAN
A. Judul Penelitian :
“Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Bagi Siswa SMA Negeri 3 Makassar”
B. Identitas Siswa :
Siswa I Siswa II
Nama : Prilly Pricilia Manusiwa Nama : me.. ^^
NISN : 9945754351 NISN : 9937713205
Kelas : XI IPA 1 Kelas : XI IPA 1
Siswa III
Nama : Vieka Savrilla
NISN : 9934759525
Kelas : XI IPA 1
Setelah diperiksa, Karya Tulis ini dinyatakan sebagai Karya Tulis Ilmiah
Makassar, April 2010
to be continued
ABSTRAK
Prilly Pricilia, me.. dan Vieka Savrilla. “Faktor – Faktor Penyebab Keterlambatan Bagi Siswa SMAN 3 Makassar”. (Dibimbing Oleh Abd. Hajar, S.Pd, M.Pd).
Telah dilaksanakan penelitian di SMA Negeri 3 Makassar. Penelitian ini termasuk dalam jenis deskriptif dan bertujuan untukk mengetahui faktor-faktor penyebab keterlambatan bagi siswa SMA Negeri 3 Makassar, dampaknya bagi siswa, serta solusi untuk mengatasinya. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 3 Makassar dengan metode pengambilan sampel menggunakan teknik Multiple Stage Sampling dengan cara equal probability. Penelitian ini menggunakan quisioner sebagai instrumen penelitian yang disebarkan sebanyak 36 rangkap dan masing-masing berisi 24 pernyataan mengenai faktor – faktor intern dan ekstern penyebab keterlambatan siswa SMA Negeri 3 Makassar, dampaknya bagi siswa, serta solusi untuk mengatasinya. Hasil persentase perolehan skor pada penyebab intern keterlambatan bagi siswa adalah 25% yaitu, begadang karena mengerjakan PR yang termasuk dalam kategoti rendah, faktor ekstern adalah 49% yaitu, disebabkan karena yang kemacetan yang termausk dalam kategori sedang. Sedangkan dampak keterlambatan yang dirasakan siswa yaitu mengalami penurunan prestasi dengan persentase skor pada 40,7%, dan perolehan persentase skor untuk solusi untuk mengatasinya adalah 21% yaitu, dengan cepat datang ke sekolah dan mengatur manajemen waktu. Yang dimana keduanya berada dalam kategori rendah.
to be continued
0 komentar