Tugas Pendahuluan I Biodas "Sel dan Jaringan"

by - 9:43 PM


1.       A. Tuliskan pengertian dari sel dan jaringan!
b. Tulis dan jelaskan macam2 sel berdasarkan bentuknya
2.       Gambar dan jelaskan pbedaan dari sel hewan dan sel tumbuhan !
3.       Tulis & jelaskan  ciri-ciri dari sel hidup
4.       Apa yang dimaksud dengan benda ergastik & berikan contohnya

Jawab: J
1.        
a.        Sel adalah kesatuan (unit) struktural dan fungsional terkecil pada makhluk hidup dan berfungsi sebagai penyusun makhluk hidup dan melaksanakan semua fungsi kehidupan (faal tubuh)
b.       Jaringan adalah kumpulan dari beberapa sel yang sejenis, memiliki struktur dan fungsi yang sama.
2.       Dinding Sel
Hewan tidak memiliki dinding sel sehingga ia bebas bergerak, beda dengan sel tumbuhan yang memiliki dinding sel sehingga bentuknya tetap. Dinding sel berfungsi sebagai pembatas antara protoplasma dan lingkungan luar sel.
Vakuola
Pada sel hewan vakuola nya berukuran kecil namun jumlahnya banyak
Pada sel tumbuhan vakuolanya berukuran besar namun jumlahnya sedikit
Vakuola  merupakan tempat menyimpan zat cadanagn makanan seperti amilum.
Plastida
Hewan tidak memiliki plastida, namun tumbuhan memilikinya. Salah satu bentuk plastida yang terdapat pada tumbuhan adalah kloroplas, yaitu plastida yang berwarna hijau, mengandung klorofil dan berfungsi untuk melakukan fotosintesis.
Sentriol
Sentriol hanya dimiliki hewan, tidak dimiliki oleh sel tumbuhan. Sentriol berfungsi pada proses pembelahan inti pada reproduksi sel.
Lisosom                                                   
Lisosom hanya terdapat pada hewan, tidak terdapat pada sel tumbuhan.
Lisosom berfungsi untuk peremajaan sel dan mencerna sel-sel tua.

3.       Sel hidup ciri-cirinya:
Memiliki protoplas. Protoplas dibedakan atas komponen protoplasma dan non protoplasma. Komponen protoplasma dilindungi oleh lapisan yang disebut membran, terdiri atas inti sel, dan sitoplasma (terdiri dari organel-organel hidup seperti mitokondria, vakuola, robosom, dan lain-lain yang memiliki fungsi-fungsi tertentu. Komponen non protoplasma  (benda ergastik) baik organik maupun anorganik adalah hasil metabolisme yang terletak di bagian sitoplasma, dinding sel, maupun di vakuola dan berfungsi untuk pertahanan, pemeliharaan struktur sel, dan juga sebagai penyimpanan cadangan makanan, selain itu ciri-cirinya adalah;
1.       Protoplas berfungsi dengan baik 
2.       dinding selnya lebih tipis daripada dinding sel pada sel mati,
3.       peka terhadap rangsang,
4.        dan ciri hidup lainnya
Sel mati adalah sel yang tidak memiliki protoplas atau hanya memiliki sisa protoplas, udara, air.
4.       Bahan Ergastik (dari bahasaYunani erg yang berarti kerja) adalah produk metabolisme. Benda ergastik di dalam sel dapat berupa karbohidrat (amilum), protein (aleuron dan gluten), lipid (lilin, kutin, dan suberin), dan Kristal (Kristal ca-oksalat dan silika). Benda ergastik atau disebut juga non protoplasma adalah produk metabolisme yang terletak di baigan sitoplasma, dinding sel, maupun di vakuola dan memiliki banyak fungsi untuk sel, misalnya penyimpanan cadangan makanan, contohnya amilum; pemeliharaan struktur (lilin); dan perlindungan, misalnya adanya Kristal ca oksalat dalam suatu jaringan tumbuhan dapat menyebabkan reaksi alergi bagi hewan yang memakannya, sehingga hewan tersebut tidak akan bernafsu menyentuhnya untuk yang kedua kali. Benda-benda ergastik pada sel antara lain amilum pada kentang yang berfungsi sebagai cadangan makanan.

You May Also Like

0 komentar

Blog Archive

Entri yang Diunggulkan

Ibrah: Orang-orang Pergi. Apakah Mereka Kembali?

Bismillah. Kepergian itu sulit. Tapi, kehilangan lebih sulit lagi. Mengapa orang-orang harus saling meninggalkan? Jawabannya membawa saya...

Nobody's perfect

Pengikut